Jumat, 01 Februari 2013

Doa Saat Membaca al-Quran


Doa Saat Membaca al-Quran
Ketika imam membaca surat al-Ghosyiyah di rokaat kedua salat Jumat, usai bacaan yang terakhir dengan kata-kata "al adzaba al akbar" (ayat 24)  sebagian makmun segera menjawab dengan suatu ucapan. Sebenarnya apa yang mereka ucapkan? Di dalam kitab apa saya bisa menemukan sunah ini? Saya sering menjumpainya di masjid Ampel. Rizal, Sby.

Jawaban:
Terimakasih Bapak Rizal atas pertenyaannya. Dalam sebuah hadis sahih riwayat Ibnu Khuzaimah (No 684) dijelaskan bahwa "fa kana la yamurru bi ayati takhwifin illa ista'adza wa la ayati rahmatin illa sa'ala wa la ayati tanzihin illa sabbaha" artinya: "Rasul tidak pernah membaca ayat tentang siksa kecuali beliau meminta perlindungan darinya, tidak membaca ayat tentang rahmat kecuali memintanya, dan tidak membaca ayat yang mensucikan Allah kecuali membaca tasbih".
Hadis ini menunjukkan bahwa membaca doa ketika imam membaca ayat tertentu yang berkaitan dengan siksa, nikmat atau yang lain, makmum boleh membaca doa tersebut. Sebab hadis di atas dilakukan oleh Rasulullah Saw ketika beliau salat dengan membaca 200 ayat setiap rakaatnya.
Begitu pula doa-doa yang terdapat dalam Yasin Fadilah adalah rangkaian doa yang sesuai hadis di atas, dan Yasin Fadilah bukanlah menambah-nambahi ayat dalam Yasin.
Ibnu Katsir juga mengutip hadis anjuran membaca kalimat "Wa ana ala dzalika minasy syahidin" setelah ayat terakhir dari surat al Tin, dan ucapan " Amanna billah" di akhir surat al Mursalat (Ibnu Katsir 8/284 mengutip hadis riwayat Abu Dawud No 887)
Sedangkan doa yang dibaca dalam al-Ghasyiyah adalah: “Allahumma a’idzna min ‘adzabika” (Ya Allah, lindungi kami dari siksaMu)
Dengan demikian membaca doa dalam salat ketika Imam sedang baca al Quran adalah boleh bahkan dalam kitab Ibnu Katsir adalah dianjurkan berdasarkan beberapa riwayat hadis. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar